Kiat Membuat Atap Rumah Yang Kokoh

Posted by jenggot kambing on Thursday, June 28, 2012




Sebagai bagian dari bangunan rumah, atap memiliki fungsi untuk melindungi dari pengaruh panas,hujan angin,debu dan lain-lainya. Sebagai mahkota dari suatu bangunan

Pemilihan atap haruslah disesuaikan dengan bangunan dibawahnya,iklim setempat,model atap,biaya serta bahan yang tersedia.Atap terdiri dari tiga bagian,yaitu kuda-kuda,rangka atap,dan penutup atap.

A.KUDA-KUDA

Kuda-kuda merupakan suatu susunan rangka batang yang berfungsi sebagai pendukung beban atap dan beban kuda-kuda itu sendiri.Selain itu,kuda-kuda dapat memberikan bentuk pada atap.Konstruksi atap kuda-kuda umumnya terdiri dari atas rangkain batang yang senantiasa selalu berbentuk segitiga.

Namun demikian,bentuk konstruksi atap kuda-kuda bisa dimodifikasi karena mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk atap itu sendiri.Dilihat dari bahan yang digunakan ada tiga macam kuda-kuda,yaitu,kuda-kuda kayu,kuda-kuda baja,dan sopi-sopi.

Kuda-kuda Kayu:
kayu yang biasanya digunakan untuk kuda-kuda adalah kayu borneo dan singkil dari kalimantan,kayu ulin dari sumatra,kalimantan,maluku,kayu jati dari jawa dan lain-lain.

Kayu yang digunakan untuk kuda-kuda bisa diprofil (exsposed),jika dibawahnya tidak dipasang plafon sehingga akan tampak lebih indah.Namun bisa juga dibiarkan batangan saja jika dibawahnya akan dipasang plafon,Kuda-kuda exsposed banyak digunakan pada konsol terbuka,overstek,pargola,teras serta garasi.

Kuda-kuda dihitung dengan satuan M3 dengan kebutuhan bahan baku berupa kayu balok berukuran 6/12 Cm,8/12 Cm,dan 8/15,cara perhitungannya sebagai berikut.
Volume= Luas penampang x panjang

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam membuat atap rumah, temukan info menarik tentang iklan jual beli rumah gratis


Temukan artikel terkait : Tips Medesain Kamar Tidur Terbaik

{ 0 comments... read them below or add one }