Mengenal Spesifikasi Pada Pipa PVC

Posted by jenggot kambing on Tuesday, November 15, 2011

Siapa siy yang tak kenal dengan pipa PVC??


Sifat PVC yang tahan lama dan tidak gampang dirusak dan tidak berkarat atau membusuk menjadikan PVC paling sering digunakan dalam sistem perpipaan dan pelindung kabel. PVC tahan dalam kondisi lingkungan secara biologis maupun kimiawi, membuatnya menjadi plastik yang dipilih sebagai bahan pengganti pipa logam yang rentan karat dalam pengunaan rumah tangga. Sekarang Satria Kaningga ingin sedikit berbagi ilmu mengenai jenis – jenis Pipa PVC dan ukuran serta kegunaanya..cekidot


JENIS PVC

Pipa PVC biasanya memakai standard ukuran JIS (Japanese Industrial Standart), sedangkan untuk PDAM biasanya memakai standard ukuran SNI (Standart Nasional Indonesia). Dalam system JIS ada 3 jenis pipa PVC yaitu AW, D dan C.

  • AW, paling tebal, biasanya dipakai untuk perpipaan yang membutuhkan aliran tekanan tinggi (seperti pakai pompa).
  • D, tidak setebal AW tapi lebih tebal dari C, digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu besar atau bisa dipakai untuk saluran buangan didalam rumah.
  • C, paling tipis, biasanya untuk buangan air, tidak bisa untuk tekanan


Keterangan

  • · C 5/8" Untuk pelindung kabel listrik
  • · AW 1/2” dan AW 3/4”Biasa dipakai untuk supply air di rumah tangga. Untuk untuk debit air yang lebih besar memakai diameter lebih besar.
  • · D 2 1/2", D 3", D 4" Biasa dipakai untuk saluran buangan di rumah tangga. Bisa pakai C tapi lebih baik gunakan type D jika pipanya tidak ditanam. Sebab pipa type C mudah pecah apabila pipa buntu dan perlu disedot.
  • · C 3”, C 4” biasa untuk pembuangan air yang memiliki tekanan rendah.

Semoga berguna

Info terkait - Satria Kaningga

{ 0 comments... read them below or add one }